Kumpulan segala Definisi-Definisi

Saturday 22 March 2014

Pengertian Al-quran ( القرآن )



Pengertian Al-quran ( القرآن )
Al-Quran, dalam bahasa Arab ditulis القرآن adalah kitab suci bagi umat islam, apa pengertian dari al-quran?

Farid Ruskanda memberikan Pengertian Al-Qur'an (secara umum) adalah petunjuk suci untuk umat Islam dalam semua aspek kehidupan dunia dan akhirat.


Sedangkan M Raya Fahreya memberikan definisi,  Al-Qur'an adalah kalam Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Rasulullah saw. Setiap mukmin mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya.

Akhalil Jumah mendefinisikan, Al-Qur'an adalah hidangan Allah, jalan hidup orang bijak, dan syair para shalihin.

Ada juga yang mengartikannya secara singkat, seperti yang dilakukan oleh Ridwa Abqary,  Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Pengertian seperti ini juga diberikan oleh Taofik Yusmansyah.

Menurut Subhi ash-Shalih,
اْلقُرْآنُ هُوَ اْلكِتَابُ اْلمُعْجِزُ اْلمُنَزَّلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اْلمَكْتُوْبُ فِى اْلمَصَاحِفِ اْلمَنْقُوْلُ عَلَيْهِ بِالتَّوَاتُرِ اْلمُتَعَبَّدُ بِتِلَاوَتِهِ
Al-Qur'an adalah sebuah kitab Allah yang mengandung mukjizat, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang tertulis dalam mushaf-mushaf, yang sampai kepada kita dengan jalan mutawatir, dan membacanya menjadi ibadah".

Syeikh Khudari Beik
اْلقُرْآنُ هُوَ اللَّفْظُ اْلعَرَبِيُّ اْلمُنَزَّلُ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلتَّدَبُّرِ وَالتَذَكُّرِ اْلمَنْقُوْلُ مُتَوَاتِرًا وَهُوَ مَا بَيْنَ دَفَّتَيْنِ اْلمَبْدُوْءُ بِسُوْرَةِ اْلفَاتِحَةِ وَاْلمَخْتُوْمُ بِسُوْرَةِ النَّاسِ
"Al-Qur'an adalah firman Allah, berbahasa Arab, yang diturunkan kepada Muhammad SAW untuk dipahami isisnya dan selalu diingat, disampaikan dengan cara mutawatir, ditulis dalam mushaf yang dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat al-Nas"


 

Label

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Atas