Kumpulan segala Definisi-Definisi

Thursday 18 December 2014

Definisi Pendidikan

Kata pendidikan adalah kata jadian dari kata didik yang mendapat imbuhan pen dan an. Kata didik mengandung banyak arti, antara lain pelihara, bina, latih, asuh dan ajar. Dengan adanya proses tambahan (awalan dan akhiran) tersebut akan memberikan pemahaman dan pengertian yang lebih luas, kompleks, sistematis dan filosofis.

Definisi PendidikanKata pendidikan secara etimologis diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Jadi, kata didik dengan tambahan pen dan an mengandung yang sangat luas, yakni proses transformasi dari A ke B, tentang sistem nilai (idiologi, isme, ajaran, orientasi, prospektus dan lain-lain), dengan metode untuk sebuah tujuan pendewasaan manusia.
Pendidikan (education) dalam bahas inggris berasal dari kata educate (mendidik) artinya memberi peningkatan (to elicit, to five, rise to), dan mengembangkan (to evolve, to develop). Dalam pengertian yang sempit, education atau pendidikan berarti perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan.


Menurut Ki Hajar Dewantoro, pendidikan adalah upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek) dan tubuh anak untuk memajukan kehidupan anak didik selaras dengan dunianya.



Dalam perkembangan berikutnya banyak teori, pandangan ahli mengemukakan tentang arti pendidikan. Namun pendidikan terus berjalan tanpa kesepakatan para ahli untuk satu definisi yang sama terlebih dahulu. Tetapi disini peneliti lebih condong pada pengertian yang diberikan oleh seorang pedagogik Islam. Dr. Baihaqi, menurutnya “Pendidikan adalah usaha sadar yang diselenggarakan berlandaskan nilai tertentu untuk membimbing, mengajar, melatih dan membina peserta didik dengan benar segenap potensi jasmani, rohani, akal pikiran dan bertanggung jawab secara moril dalam rangka memenuhi kebutuhan dirinya, keluarganya dan secara luas, masyarakat, bangsa dan negaranya. (*Dwi Ari Setiawati)

 

Label

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Atas