Kumpulan segala Definisi-Definisi

Saturday 13 February 2016

Pengertian Dakwah

Kumpulan Definisi | Pengertian Dakwah 
Istilah “dakwah” diungkapkan secara langsung oleh Allah SWT dalam ayat-ayat Al-Qur‟an. Kata “dakwah” di dalam Al-Qur‟an diungkapkan kira-kira 198 kali yang tersebar dalam 55 surat (176 ayat) (Basit, 2006 : 26). Secara etimologi, kata dakwah berasal dari bahasa Arab; da‟ayad‟ u- da‟wah yang memiliki beberapa pengertian. Kata dakwah bisa diartikan sebagai pemohon, ibadah, nasab, dan ajakan atau seruan. Sedangkan secara terminologi, dakwah dipandang sebagai seruan dan ajakan kepada manusia menuju kebaikan, petunjuk, serta amar ma‟ruf (perintah yang baik) dan nahi munkar (mencegah kemungkaran) untuk mendapatkan kehidupan dunia maupun akhirat.

Thoha Yahya Omar mengartikan dakwah sebagai usaha mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat. Dakwah juga berarti suatu proses mengubah suatu situasi lain yang lebih baik sesuai ajaran Islam atau proses mengajak manusia ke jalan Allah SWT (Halimi, 2008 : 32).

Sedangkan Drs. Hamzah Ya‟qub memberikan pengertian dakwah Islam, sebagaimana yang tertulis dalam buku Publisistik Islam (1992), adalah mengajak umat manusia dengan hikmah kebijaksanaan untuk mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Dan apabila dilihat dalam memberikan pengertian istilah dakwah, tampak bahwa standarnya tetap pada ayat Al- Qur‟an sehingga tampak adanya kesamaan.

Definisi lain juga bisa ditemui dalam buku Metodologi Dakwah kepada Suku Terasing terbitan Team Proyek Penerangan Bimbingan dan Dakwah/Khotbah Agama Islam (Pusat) Departemen Agama RI, yakni setiap usaha yang mengarah untuk memperbaiki suasana hidup yang lebih baik dan layak, sesuai dengan kehendak dan tuntutan kebenaran. Sementara Asmuni Syukir menyatakan pengertian dakwah dapat dilihat dalam dua sudut pandang. Pertama , pengertian dakwah dari sifat pembinaan dan kedua, dakwah dalam arti pengembangan.

Dakwah yang bersifat pembinaan artinya usaha mempertahankan, melestarikan, dan menyempurnakan umat manusia agar mereka tetap beriman kepada Allah SWT, dengan menjalankan syariat-Nya sehingga menjadi manusia yang hidup bahagia dunia dana akhirat. Sedangkan dakwah dalam artian bersifat pengembangan adalah usaha mengajak umat manusia yang belum beriman kepada Allah SWT agar mentaati syari‟at Islam (memeluk agama Islam) supaya nantinya dapat hidup bahagia dan sejahtera di dunia dan akhirat (Syam, 2007 : 3-4).

Dari beberapa pengertian dakwah tersebut di atas, dapat dipahami bahwa pada prinsipnya dakwah merupakan upaya mengajak, menganjurkan, atau menyerukan manusia agar mau menerima kebaikan dan petunjuk yang termuat dalam Islam. Atau dengan kata lain, agar mereka mau menerima Islam sehingga mereka mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan baik di dunia maupun akhirat (Halimi, 2008 : 32).

 

Label

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Atas